Kamis, 27 Juni 2013

Punya Ibuk Itu Enak

Jujur saya iri
Tiap ada temen yg telponan sama ibuknya atau ada postingan di socmed yg nulis kata ibuk
(dan kamu baru akan menyadari harga dari sesuatu yg seolah "routine" ketika engkau kehilangan sesuatu itu)

***
~Flash back~
Ayolah nak, temani tidur ibuk ya,,?
Ah, ogah buk, aku pengen tidur bareng mbak-mbak aja, seru, ada perang bantal.
Tapi kan nanti ibuk tidur sendiri, bapak kan baru pulang sabtu.
Ogah pokoknya buk.. tidur sendiri aja gak mau
Ayolah nak, nanti ibuk kasih uang buat jajan deh
Ehmm, emang berapa buk?
Seribu, piye?
Yowes, aku mau tidur sama ibuk,, (dasar anak mata duitan)

Begitulah sekilas percakapan saya pas masih TK sama ibuk.
Pas kecil mata saya gede, warna item, tapi sering berubah jadi ijo kalo denger dan liat duit.
Dulu, saya heran, kenapa ibuk selalu minta tidur bareng saya, karena emang selalu tidur sama ibuk, hal ini sudah jadi kebiasaan tiap malam (kecuali kalo bapak pulang). Sampe-sampe saya gak punya kamar sendiri, karena saya emang tidur seringnya sama ibuk.
Akhir-akhir ini saya mulai paham, mungkin ibuk gak mau tidur sendiri itu karena gak enak, tidurnya gak ngerasa tenang.

Enaknya pas tidur sama ibuk itu saya sering minta dipijitin, kadang dikerokin, kadang punggung digarukin, ditepok2, atau dielus2 sambil didoain, mungkin berharap kelak saya selalu bahagia.
Dulu, saya juga sering minta diceritain, dan ibuk cuma punya dua cerita, kancil sama hansel gretel versi jawa (2 anak kecil diculik buto ijo). Kadang kalo saya mulai bosen sama dua cerita itu, ibuk ngambil majalah Bobo atau Mentari, trus mulai ngebaca ceritanya dengan suaranya yg khas.
Ketika saya udah kelas 4 SD, kebiasaan saya minta pajak tiap ibuk minta nemenin buat tidur mulai hilang. Soalnya saya ngerasa kalo tidur sama ibuk itu jadi semacam kebutuhan. Kebiasaan ibuk buat nyeritain saya juga udah hilang, soalnya saya mesti bawa setumpuk majalah buat dibaca sebelum tidur.

Tiap subuh jam 4an gitu ibuk mesti bangun. Biasanya habis subuh ibuk membaca Al-Qur'an di atas tempat tidur, persis di samping saya yang lagi asik molor. Saya yang emang dasarnya susah banget buat bangun subuh, mau gak mau kebangun juga buat subuhan. Yah, alhamdulillah masih ada ibuk yang ngingetin saya.

*Ibuk itu kalo masak all-out
Saya hampir gak pernah bantu ibuk masak. Tiap ibuk ngajak buat bantuin masak hampir pasti saya nolak, soalnya pas saya tanyain saya ditugasin apa, ibuk cuma bilang :
"ya kamu ngupas bawang, ngiris2, nyuci sayur, motong2, ngilangin kotoran2 dari sayurnya"
ahh, saya males ngedengernya. kok tugasnya gak berkelas gitu sih, cuma ngupas, motong, nyuci, males ah. Apalagi kalo ibuk masak itu sering rempong, semua bumbu harus lengkap. Misalnya ibuk mau masak gudeg, daun jati, rambak, telor, daging, ayam, dll semua harus ada. kalo gak ada ya dicari sampe dapet, sendiri. saya sering kaget liat ibuk yang bawa2 daun jati, masih dengan daster warna kuning butek kesukaannya sama pake sandalnya bapak. saya gak tau ibuk cari daun jati dimana, tapi itu asli daun jati muda, yang posisinya mesti lumayan di bagian yang tinggi. Kalo masak itu ibuk sering rempong, alat sama bahan bertebaran sana-sini, trus kalo saya bantuin motong sesuatu, mesti ditegur." Eh motongnya jangan gitu, gini lo, jangan gede2, yang rapi, arahnya gini..". Yaelah buk, siapa juga yang mau ngamatin, orang akhirnya masuk mulut juga.

*Ibuk itu suka nyanyi
Saya sering tertawa cekikikan tiap ibuk nyanyi sambil joget2 gitu, lucu. ibuk sering ngaca sambil joget2 kecil pake gaya khasnya. Semua cucu ibuk mesti diajarin nyanyi, joget, sama senam. Tiap pagi diajak jalan2 sambil sedikit berpetualang nyari buah2an kayak mangga jatuh atau ceres. Sya jadi penasaran, pas kecil apa ya saya diajarin kayak begituan ya?

*Ibuk itu suka ngajarin saya nggambar
Kenapa saya suka nggambar? ya itu gara2 ibuk. Walo ibuk gambarannya agak aneh

__ah, disambung besok aja lah, kayaknya cerita ini bakal panjaaang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar