Kamis, 27 Juni 2013

Jempol yg Cantengan, Karmakah?

Udah dari beberapa hari yg lalu jempol tangan kiri saya terasa aneh.. nyeri dan agak bengkak.. selidik punya selidik, eh ternyata cantengan!
bagi kalian yg baru denger kata cantengen, bisa jd ngerasa aneh soalnya mirip sama kata "gantengan", atau mirip dg bahasa asing apa gt... 


well, overall penyakit ini cukup mengganggu produktivitas.. apalagi kalo posisinya di jempol tangan, posisi yg langka krn biasanya cantengan tuh kena jempol kaki yg konon sering kemasukan kotoran..
Bayangin, jempol kiri saya yg biasanya produktif, buat ngaktifin lampu sein motor sama kadang2 nglakson, jadi nyeri bngt tiap buat ngegeser atau buat mencet tombolnya..
Hbs tu saya mikir2, kok bs ya cantengan, padahal saya kan jalannya gak pake tangan.. Well, lalu ingatan saya bergerak mundur ke kejadian pas kuliah entah apa yg jelas cukup membosankan krn saya gak ngedhong.. pas waktu itu, biar gak bosan,saya asik menelusuri jari2 saya yang bantet.. dan penelusuran itu berakhir di jempol kiri, dimana tampak ada secuil kulit yg mencuat dari tepi kuku.. waw, menggoda sekali buat dicabut..
dengan segenap niat dan kesungguhan hati, saya cabut tuh secuil kulit nan menggemaskan.. tapi, ouuch.. ternyata kulitnya tercabut terlalu dalem cuy.. sakit sih.. tapi biasa, krn saya emang bbrapa kali kyk gt dan gak pernah cantengan..
Tapi, yg kali ini jd cantengan cuy, trus apa dong sebab spesifiknya?
Setelah curhat2 sama mbk tila, temen yg biasa jd problem solver, saya nemu informasi yg maha penting : " barang siapa yg pernah ngehina atau nertawain orang yg cantengan, suatu saat entah dalam waktu dekat atau waktu yg jauh, dia bakal kena cantengen.. itu pasti, mutlak dan tak terbantahkan..!!! sudah terbukti berabad2 lamanya dan lintas generasi!!.."
Alamak...!! Ingatan saya terlempar ke kejadian bbrpa bulan lalu, waktu saya ketawa ngakak sampe guling2 dan nangis2 gara2 kakak saya curhat kalo jempolnya cantengan nyampe bengkak, bantet, dan jadi tambah jelek.. Waktu itu lucu aja, kok bisa sih jempol cantengan, sampe sejorok apa sih hal2 yg dilakuin jempol kakak saya sampe dia cantengan???
Well, apa mau diakata, nasi telah menjadi bubur, malang tak bisa ditolak, untung tak bisa di renggut.. Jempol kiri saya sudah cantengan.. meninggalkan rasa nyeri yg menguras hati... Inikah karma utk saya?? Sesungguhnya Tuhan tdk akan memberi cobaan melebihi kemampuan manusia.. Bertahann, saya hrs kuatt.. fightingg!! 


Di tengah kegalauan yg membara krn cantengan, saya iseng2 buat curhat ke Waras, anak fistek yg mnrt saya solutif walau sering agak ngaco..
Kata laras sih cantengan di jempol tuh biasa, dan ada solusi buat ngobatin dengan instan..
Gile, menarik bener, otomatis saya lansung merhatiin setiap patah kata yg keluar dr si Waras..
"Gini brill, kmu cuma perlu nyalain lilin, trus tetesin tu cairan lilin yg masih panas ke jempolmu yg cantengan, kalo gak gitu yak jempolmu taruh bentar di apinya lilin.. Dijamin dah cantengannya bakal langsung ilang.. " Busyet, si Waras ngomongnya serius banget kayak tabib ke pasiennya.. Kontan saya nyolot.. " Gile, itu solusi yg bener2 gila.. wah, gak logis banget dah.. iya emang cantengan saya ilang, tp jempol saya juga ikut2an ilang.. Gawat banget solusi lu ras..
Si Waras cuma ketwa, "beneran loh.. buktinya bapak gue pake cara kyk gt.. "
Trus dengan tampang masih sok serius, si Waras pegang jempol sya.. " Coba deh gw liat cantengamu kayak mana.."
Dia ngeliat dan ngeraba2 bentar jempol saya, dan habis itu......
Iyaawwww!!! Dengan tanpa ampun si Waras mencet bagian yg cantengan dg segenap jiwa raga!!!
Kontan, sumpah serapah keluar dari mulut sya..Sakitnya begitu dalem, sngt dlm.. merasuk hingga ke tulang jempol dan merambat hingga lubuk hati yg terdalam..
Masih dengan muka sengak dan megangin jempol imut saya yg tersakiti lahir batin, saya nyumpahin Waras yg masih tertawa2 puas..
"Ihhh.. awas ya.. pokoknya tak sumpahin ke empat jempolmu cantengan ras!!! Inget2 kutukanku!!!
Waras masih melongo.. Tapi saya malah penasaran.. krna bakal ngebuktiin kalo cantengan itu karma atau nggak.. Hhehe.. :D

**JUST A NOTE DURING A JOURNEY.. 

~repost dari note di fb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar